Glitter Words

Selasa, Mei 27, 2008

TENTANG TUTUP KARDUS MARTABAK :)

Malam itu malam Sabtu, pulang kerja sendirian, pas liwat di gerobak engkoh tukang martabak bangka langganan, sedih lihat si engkoh sedang duduk sambil ngelamun dengan tampang melas (mungkin lagi ngelamunin BBM yang naek, gak kebayang pasti martabaknya bakalan makin sepi..lah boro2 orang mikir beli martabak, wong bisa beli beras ma telor, atau paling banter tahu tempe aja udah bagus, martabak kan sekedar cemilan dan bukan mengenyangkan jadi bakalan jadi prioritas terakhirlahhh).

Padahal ya, sebelom kondisi negara kita carut marut seperti sekarang ini, setiap liwat di gerobak engkoh ini seneng dech, selalu orang antriii berderet buat nunggu martabak mereka di buat. Kadang kalo aku beli, kudu nunggu 3 atau 4 orang di depanku, baru aku bisa menerima martabak pesananku. Waktu itu dengan 11 ribu perak saja kita bisa membawa pulang martabak 2 rasa (Sekarang ?? harga martabak coklat aja 20.000 perak, nah yang 2 rasa ?? hanya 22.500 saja !) Gimana si engkoh gak gigit jari merasakan hal ini.

Akhirnya aku putuskan buat beli barang satu loyang martabak 2 rasa (QQ gak boleh terlalu banyak cokelat-kacang) makanya aku beli yang 2 rasa, selain lumayan bikin bibir si engkoh ini kembali tersenyum, juga akan mendatangkan senyum di bibir lelaki kecilku yang emang doyan makan ini.

Sambil bikinin martabak aku ajakin ngobrol tuh engkoh tentang kondisi yang makin edan ! Ternyata bener, si engkoh mengungkapkan kekhawatirannya atas usahanya ini, "aduh sekarang emang beda sama dulu loh mbak, jualan gampang bangeds, tapi sekarang ? semua serba susah,sekarang cuman bisa ngandelin dari makanan kecil2, bangsa bakpaw yang harganya berkisar ribuan perak aja. Orang-orang mikir mau beli martabak !" ujar si engkoh yang membuatku sedikit miris.

Persissss kaya Mas Aji, tukang ayam kremes langganan di Pamulang, juga mengeluhkan hal serupa. Jaman dulu, waktu ayam goreng kremesnya cuman seharga 20 ribu perak per ekor, setiap orang beli minimal 2 ekor, malah ada yang sampe 5 ekor sekali beli. Lah sekarang, giliran dia mematok harga 26 ribu perak per ekor, orang beli paling banter 1 ekor, itupun biasanya cuman wiken doang ! Aduhh miris yaakk...lah gimana juga ya, orang mikir mo beli ayam 26 ribu perak, mending dibeliin tempe/tahu bisa dimakan berhari-hari untuk seluruh keluarga.

Aduhh...ada apa yaaa dengan negara ini ??? Dosa apa yang musti kita pikul bersama ?? kenapa keadaan makin memprihatinkan ?? Tanya kenapaaaa ???? :)

Ehh..mau ngomongin kardus martabak koq malah ngelantur ke mana-mana sih (ho'oh..kagak kuat buat gak curhat euyy :)). Kembali ke lap top !



Ceritanya ampe rumah, aku kasih tuh martabak sekardus2nya ke laki-laki kecilku, dan bener kan..senyum lebarrr dia hadiahkan buatku hanya karena sebungkus martabak yang aku bawa untuknya. Hilang sudah lelah seharian ini, juga tiba2 menguap rasa sebel akibat kemacetan di Ciputat karena dampak sedang dibangunnya fly over di pasar Ciputat !

Memang senyumnya, obat dari segala obat buatku !:x

Dengan tidak sabar, dia buka tuh kardus, dan dia comot 1 potong martabak keju dan dengan sekali "hap" tuh martabak sudah berpindah dari kardus ke mulut mungilnya (eh gak mungil lagi ding sekarang). Sambil ngangguk2 sambil mengunyah martabak, dia baru "ngeh" kalo gambar di tutup kardus martabak itu cukup lucu (buat dia). Dan lihatlah pesannya kepadaku:

"Me, gambarnya lucu, jangan dibuang yaa, kita harus koleksi gambar2 kaya gini, jadi nanti, kalo kita udah buka restoran, kita potokopi ini dan kita tempel di restoran kita !"

Oooo..jadiii...anakku bermimpi suatu saat nanti Ommenya bisa punya restoran ya ??

Semoga doamu menjadi nyata ya nak..sekarang ngumpulin gambar dulu, lain waktu kita bisa tempel tuh gambar di restoran kita ! (iyaa..milik kitaaa...aminnn :))

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ntar kalo mo loncing restonya undang 'te Hema ya Q:) msh kecil dah tau mau bisnis apa nih ntar hehehe

btw tempe aja skrg udah mahal lo Mee..yg biasanya ukuran 1 daun gitu 2500 nah skrg dah 5000

jgn ampe nih negara tergadai ntar:(

HM

Ikhwan mengatakan...

Ayihh jadi kangen martabak.. kayanya kalo mau balik ke Jakarta kudu bikin list nih mo beli apa aja.. hehehe... yang pasti mau BAKSOOOO... Bakso harganya berapa me?? eh Bakso lebih murah daripada martabak ya.. gw juga baru kemaren2 aja tuh nyadar martabak sekarang mahal bener euyy.. soalnya ya minyaknya, kejunya, tepungnya, banyak deh yee... martabak emang sipppp...

Anonim mengatakan...

anak lo kocaknya sama ky emaknya deh :)

Aning M. Yani mengatakan...

Te Hema: Beress !! wahh di tukang sayurku tempe maren 1000 sekarang mungkin naik 2000, jadi standar Tangerang masih lebih murah dari Bengkulu..pindahan aja ke sini :)

Iwan: Bakso apa dulu Wan...sekarang di Jakarta banyak Bakso2 dengan inovasi baru, bakso keju, bakso sumsum, bakso iga..nyaammm maharani yang pasti boww kalo bakso2 demikian, tapi tetep..kalo lagi bokek mah bakso kampungpun jadi..6000 saja per mangkok :)

Tante Emil: hehehe seperti peribahasa: pohon jatuh gak jauh dari buahnya yaa *sengaja dibalik..jangan protes :)*