Glitter Words

Senin, Juni 09, 2008

Oalah ternyata Hidrotubasi begitu toh?

Akhirnya hilang sudah kepenasaranku tentang Hidrotubasi (istilah awamnya ditiup), ternyata akhirnya gueh ngicipin juga rasanya “ditiup”



Seperti yang udah tak ceritain waktu itu di sini tindak lanjut dari treatment yang udah-udah karena memang hasil poto HSG ditemukan sedikit sumbatan di tuba kananku, jadiii menurut pak dopter emang untuk tahu seberapa besar tuh sumbatan kudu di tiup. Biar tahu gitu hasil tiupannya ampe seberapa yang bisa nyampe ke rahim melalui tuba kananku ituhhh…

Sabtu pagi-pagi jam 07.15 udah jalan ke rumah sakit secara kata dokter lebih baik pagi-pagi sebelom pasien poli-nya berdatangan jam 9 pagi. Nyampe di rumah sakit pas bangeds jam 8 pagi ! Tadinya niatnya mo ke poli kebidanan dulu gitu, eh Abba minta ke laboratorium buat periksa “sesuatu” hehehehe (sesuai rujukan om dopter juga nih…). Oh iyaa sekalian Abba periksa darah buat ngelihat status gula darahnya gimana sekarang (karena memang beberapa waktu yang lalu Gula Darah si Abba sempet agak tinggi).


Di Laboratorium makan waktu sekitar 1 jam kuranglah, sekitar jam 8.45 kita udah sampe di Poli kebidanan di lantai 4 rumah sakit . Dan ternyata oh ternyata tindakan Hidrotubasi ituuuuuu…pake ndaftar ke admission (alias pendaftaran rawat inap !) Ealahhh ternyata yeee…segitu beratnya hihihi sampe kudu nyewa 1 kamar buat persiapan dan setelah tindakan di ambil nantinya (sumpee saat masih ndaftar ini gueh belum paham, kenapa musti nyewa 1 kamar ya ?? buang 2 duit aja hahahahaha )


Jam 9 selesai urusan di bagian Admission, langsung menuju ke ruang observasi di ruang melahirkan. Astagaa…serasa mengenang 7 tahun 6 bulan 22 hari yang lalu seperti yang pernah aku ceritakan di sini loh, cuman bedanya waktu itu aku dapet bed di ujung deket pintu, tapi kemarin dapet bed yang paling ujung deket tembok. Di sebelah-sebelah juga ternyata penuh ibu-ibu yang siap melahirkan, (dari hasil nguping – tidak sengaja nguping kok hehehe) ada yang udah keluar darah, tapi gak ada bukaan (sama kasusnya kaya aku dulu nih), ada yang mulesnya makin sering…duhhh ikut berasa muleeeeeeeeeeeessss hihihi


Setelah aku ganti baju rumkit, gak lama suster masukin jarum di telapak tangan atas tangan kiriku (belakang jari2 itu loh), ya ammpyuunnn rasanya suakiiiittt…dan pegel seketika, padahal baru masukin jarum ! Gataunya di akhir cerita pas dibuka tuh alat, yang di masukin gak cuman jarum, tapi jarum itu dipake untuk masukin selang tipis, panjang kira2 7 cm, di masukin di bawah kulit tepat kena uratnya gitu…waduhh…gimana ga pegel yee..di bawah kulit dimasukin selang gitu bowww !!! 7 centi !!! panjang bangedsss kan ! Katanya sih, tuh selang gunanya buat masukin anestesi nanti pas menjelang di tiup. Maka dari itu karena pake anestesi aku kudu puasa makan minum paling tidak 6 jam sebelumnya.


Yo wis…tunggu punya tunggu, mpe Abba ketiduran sambil duduk di kursi di pinggir bed ku, lah gak ngertio ternyata si dopter lagi ngoperasi cesar beberapa pasien (bow..beberapa loh hihihihi jadi dalam waktu 30 menit aja di Indonesia ini udah nambah setidaknya 3 anak manusia, ini baru di Puri Cinere , gimana di rumkit lainnya ??? tak terbayang makin padatnya dunia ini hihihi)


Jam 10.30 yang ditunggu-tunggu akhirnya datang jugaaa !!! Suster jemput dan bawa aku ke ruangan yang nyereminn !! hahaha alat2nya bow…trus ada 2 tiang buat tempat kaki, kaya di kursi singgasana itu…oalahh..bikin mules jeh ! Mbayangin yang tidak2 pastinya. Dopter Win lihat gueh mendadak pucet mungkin yeee langsung ngelus2 lenganku, sambil bilang “ga papa-ga papa” aduhh bener2 kebapakan tuh dopter satu ini…Tapi emang ngaruh sih..gueh jadi berasa tenang gitu loh..palagi dopter anestesinya juga suka ngelucu, kan ceritanya dia ngenalin diri gini:

Dokter Anestesi : halo bu Aning, saya Irfan, dokter anestesi

Gueh : Irfan gak pake Hakim kan Dok ?

DA : wah enggaklah…saya gak mau kaya dia mesti jadi bencong kalo mentas (sambil ketawa)

G : jangan gitu dok, buktinya dia terbukti bisa membuahi loh..

DA : iya yaa cuman profesi doang kan…

Gueh bener2 gatau apakah yang begini (guyonan) adalah cara dokter mengalihkan perhatian pasien dari rasa takut, deg2an, dan tegang, abis itu keteganganku udah ilang sekitar 90% lah (yang di otak cuman pasrah dan pasrah sajah).


Gataunya gak enak nih buntutnya, si dokter bilang: maaf ya saya masukin anestesinya, sedikit sakit, pegel, dan nyeri, tahan yaaa jangan diangkat…*masih ga mikir, paling sakit biasa aja*


Ternyataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa suakiiiiittt lebih sakit dari masang selang yang tadi hihihi…tapiiiii gak lama tuh anestesi di masukin, gueh udah melayang, langsung blek ga sadar (jangan2 cairan kaya gini nih sebenernya bahan dasar pembuatan bius yang dipake penjahat2 di pilem itu loh…bener2 langsung bikin melayang kagak inget apa2).


Tau2 rasanya gueh udah di didorong ke ruang observasi melahirkan itu, dengan rasa ngantuk yang masih melanda, itu sekitar jam 10.40-an siang ! Ladalah lama’an nunggunya ye dibanding tindakannya. Ga ada ½ jam doang udah kelar ! Dan ga berasa apa2 gitu lohhhh…hehehe jadi lega :) Tapi yang tersisa tinggal lemes ajaa...pantesan yak kita disuruh nyewa 1 kamar, belakangan baru kutahu apa maksudnya :)


Karena masih nunggu rincian segala macem, dan kata suster si dokter masih mau ketemu buat konsul, akhirnya aku ijin makan dulu di kafetaria…gilee laper bowww udah nahan makan dari malem jeh :) Abis dari rumkit cuman dikasih teh anget manis sih jadi kurang nendang…yeee emangnya minta apa ?? Baso ? Mie Ayam ?? hahahaha emangnya di warung ;P


Dan akhirnya setelah nunggu 15 menitan di kafetaria, aku dapet juga pesenanku, mie tektek, mie rebus, pake baso, telor, tahu (bener tahu gak ya mirip2 tahu sih rasanya), sawi, dan di kasih potongan cabe rawit ijo gitu !! Dikarenakan gueh gak doyan pedes babar blas, jadi tugas Abba dech buat milihin tuh cabe rawit ! Trusss karena Abba udah sarapan di rumah sebelom berangkat, jadi Abba cuman makan tahu isi daging goreng dan martabak ajah…itupun tahunya segede kingkong..guedeeeeeeee bangeds !


Kelar makan, ke poli kebidanan, ternyata dokter masih ada pasien, tapi aku disuruh siap aja (lagi2 diduluin hikss..jadi malu sama yuh ibu2 gendut, tapi apa karena aku cuman konsul ya ?? bukan periksa hamil gitu, jadi diduluin ngono loh…)


Ketemu om dopter, dan dia teriak, “Aning, bagus koqqq…cairan masuk semua !” Alhamdulillah wahh kabar baek nih :) dopter ngasih resep, ngasih surat rujukan treatment berikutnya - (masih ada lagi ??? hehehe iya masih…dijalanin aja selama kita bisa dan masih sanggup yee namanya juga usahak), secara ditungguin pasiennya yang bejibun (malah ada yang udah siap tidur di bed untuk USG tuh), jadi ya udah kilat doang gak lama2, kasian ibu2 gendut yang dah pada nunggu. BTW gak bayar biaya konsul lagi loh..biasa dokter bikin resep doang aja kudu mbayar kan yee hehehe

Pas mo keluar ruangan dopter, sebelum ngilang di balik pintu ke ruang USG dengan terburu2 om dokter bilang : dag Aning !

Gueh jawab : Dag dokter !!

Hehehe funkeh ya dokter gueh :)


PS: treatment selanjutnya, physiotherapy penyinaran panggul selama 10 kali sajah (haa ?? 10 apa 1 ? salah tulis gak sih ?? ya 10 lahh..gueh ga salah tulis koq…udah gitu sepuluh2nya gak boleh putus, kudu nyambung menyambung, jadi tiap hari selama 10 hari ke depan (mulai hari ini/Senin) kudu absent ke Ruang Fisio di Puri Cinere. Dijalanin aja ?? ya iyalah…namanya juga usaha..tapi tetep..minta doa semuanya yaaa…)



8 komentar:

Anonim mengatakan...

duile Mee...berat banget yah...ngebayangin aja, buat gw mules.
10 x lagi yah...? bener tuh, dijalani aja, n nikmati aja:-D

semoga hasilnya ntar memuaskan deh. amin...amin...amin ya Allah:)

HM

Aning M. Yani mengatakan...

HM : yoii..10 kali dan tiap hari, padahal dari rumah ke rumkit 1 jam-an gitu, cian Abba yang cape nyupirin :) gueh mah tinggal duduk manis, nyampe rumkit, di fisio hehehe

Hasilnya semoga seperti yang kami mau yaa hehehe :)

Anonim mengatakan...

Dear mbak Aning...

aduuh gak nyangka ya, perjuanganmu begitu berat, kalo gitu aku ralat deh, gak perlu 090909, kapan aja dikasih pasti disyukuri luar biasa ya :)

Tetap semangat ya, gan batte kudasai... kiranya Tuhan memberkati perjuangan mbak, amin

salam
Daisy S.

Aning M. Yani mengatakan...

Mba' Daisy: matur nuwun ya doanya...hehehe ya itu dia, kapan aje ayukk dech :) laki pere boleh, tapi tetep berharap pere kalo boleh milih :)

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba Aning,
Aku dulu waktu hamil & melahirkan anak pertama juga sama dr. Winahyo yg di rsb asih.. (5th lalu) orangnya sabar en ga neko-neko..
sekarang pengen hamil lagi, tapi dah berusaha +/- 1 th blum berhasil..
semoga usaha kita diberkati ya mba...

Anonim mengatakan...

sorry mba..
aku ga lihat tahunnya..

maap ya..

herniekaWina mengatakan...

Boleh tau gak bun biaya hidro d puri cinere berapa?udah termasuk obat lainya?InsyaAllah Tgl 16 nie saya d hidro jg nie bun,buat semuanya mohon doanya ya supaya proses nya berjalan lancar n baik" saja..amin.. trimakasih

herniekaWina mengatakan...

Boleh tau gak bun biaya hidro d puri cinere berapa?udah termasuk obat lainya?InsyaAllah Tgl 16 nie saya d hidro jg nie bun,buat semuanya mohon doanya ya supaya proses nya berjalan lancar n baik" saja..amin.. trimakasih